Cara Menggunakan Torrent Client di Ubuntu

>> Saturday, November 22, 2008

T
orrent, hmm... bagi para maniak download (yang menganut prinsip: "Gak Download maka Gak Makan" :D) tentunya tidak asing dengan torrent. Kali ini, Penulis akan membahas bagaimana menggunakan Torrent Client di Ubuntu. Cara ini juga dapat diterapkan di distro lain. Oke, jadi langkahnya begini:


1. Buka torrent client. Penulis menggunakan BitTorrent Client bawaan dari Ubuntu, dapat dibuka di Applications - Internet - Transmission BitTorrent Client

2. Pada prinsipnya, torrent client membutuhkan port dalam transportasi data. Sehingga kita perlu membuka port tersebut. Bagaimana kita port yang akan dibuka? Ini dapat dilihat pada konfigurasi torrent client yang kita pakai. Misalnya, pada Transmission BitTorrent Client dapat dilihat dari Edit - Preferences - tab Peers - lihat di Listening Port. Setelah mengetahui port yang akan dibuka (misalnya 51413), jalankan perintah ini:
$ sudo iptables -A INPUT -p tcp --dport 51413 -j ACCEPT

3. Oke, sekarang kita coba download menggunakan file torrent. Misalnya di Transmission BitTorrent Client dapat dibuka di Torrent - Add.

4. Lihat, apakah proses download berjalan. Jika ya, berarti Anda berhasil. Selamat yaaa! :D

Ada langkah tambahan apabila telah selesai memakai torrent client, yaitu menutup port yang barusan kita buka, dengan cara:
$ sudo iptables -A INPUT -p tcp --dport 51413 -j REJECT

Sekian.




0 comments:

  © Blogger template Digi-digi by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP